Cabang ilmu Bahasa Arab

Cabang ilmu Bahasa Arab

Bahasa Arab mempunyai beberapa cabang ilmu, Secara umum dapat kami jelaskan sebagaimana berikut  :

gudang arab

(1) Ilmu Nahwu (Tata Bahasa)

Ilmu yang mempelajari kondisi Kalimat baik Mufrod (individual) maupun Murokkab (kombinasi), 

Ilmu Nahwu: mempelajari struktur kata, sintaksisnya, posisinya dalam kalimat, dan susunan kata agar sesuai dengan makna yang dimaksudkan. 

Kami menemukan di dalamnya beberapa bab, termasuk: pembagian kalam, Mabni (sintaksis) dan Mu'rob (konstruksi), Nakirah (tidak terbatas) dan Makrifat (terbatas telah ditentukan) , serta Nawasih (pengubah tatanan) seperti Kana, Inna, dhonna dan saudaranya) dst.

Baca juga : Hukum Belajar Bahasa Arab

(2) Ilmu  Shorof (Morfologi)

Ilmu Shorof atau Morfologi pada awalnya tidak independen atau tidak berdiri sendiri, tapi menjadi satu kesatuan dengan Nahwu, sampai akhirnya masing-masing dipelajari secara terpisah. 

Ilmu Shorof adalah ilmu dari mana Anda tahu bagaimana merumuskan Syeghot suatu kata serta wazan dari kata tersebut, 

contoh : نصر syeghot Madli

نصر Wazan فعل

mempelajari kondisi Bina' suatu kata, Mulai dari Binak Shohih - Lafif

contoh نصر adalah Binak Shohih

Ilmu shorof juga membahasa perubahan Makna dari suatu kata dengan penambahan huruf huruf seperti دخل artinya masuk أدخل artinya memasukkan dll

(3) Ilmu Balaghoh (ilmu Retorika)

Ilmu Balaghoh : Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana  mengungkapkan suatu kalimat verbal agar sesuai dengan  dikehendak serta maksud dan tujuan.

dengan ilmu balaghoh bisa kita bisa mengetahui cara menyampaikan ucapan dan ungkapan secara spesifik terhadap setiap orang, yang pintar yang bodoh dll

dengan ilmu balaghoh kita memiliki kemampuan untuk menjawab perkataan seseorang tanpa bisa dielak lagi.

Ilmu Balaghoh meliputi :

a. Ilmu Ma'ani : 

Ilmu yang mempelajari Bahasa Arab agar kata kata yang diucapkan sesuai dengan situasi, dengan cara menyesuaikan hal-hal yang akan diungkapkan, seperti Nakirah dan Makrifat, Taqdim dan Ta'khir serta hadzf (Pembuangan), wasl (menyambung) serta fasl (memisah) kata dalam kalimat arab ... dan persyaratan2 lain dari kata yang membutuhkan hiasan serta ekspresi dalam berbahasa Arab.

b. Ilmu Badi' : 

Ilmu yang digunakan untuk memperindah suatu kata atau ungkapan setelah sebelumnya mengetahui kegunaan kata kata tersebut melalui pencocokan kata seperlunya,

dengan kata lain ilmu badi' adalah suatu keilmuan yg digunakan untuk mencari berfungsi menambah estetika suatu kalimat.

seperti mempelajari : perbaikan lafadz (verbal) seperti mengetahui Thibaq (aliterasi) dan Jinas (tandingan), dan perbaikan Ma'nawi seperti menyajikan Musnid (predikat), agar sesuai dengan keadaan pembicara.

c. Ilmu Bayan : 

Ilmu yang mempelajari tentang penyusunan kalimat dari segi lafadz (verbal)nya agar sesuai dengan keadaan yang diinginkan, yaitu mempelajari apakah kalimat sesuai dengan maksud pembicara bagaimana mengolah Assu'al (interogatif), Al Amr (perintah), Qosr ((singkat), Ithnab (berlebihan), dan lain-lain.

(4) Imla' (Ortografi)

Imla' adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bahasa Arab dari sisi tulisan yang baik dan benar, agar tidak salah pengucapan dalam kata dan lainya

Ilmu Imla' Ini mencakup beberapa bagian keilmuan termasuk:

- Posisi hamzat, 

- Perbedaan antara Ya' bertitik dan alif al-maqsura,

- Tanda baca..dst.

(5) Ilmu Aswat ( Fonologi )

Ini adalah ilmu yang mempelajari tentang suara manusia dari sudut pandang linguistik, 

di mana studi Fonologi dibagi dalam dua arah: 

1- Studi fisiologis: studi anatomi organ bicara, kemudian menentukan peran masing-masing organ bicara dengan masing-masing dari bunyi bahasa. 

2- Studi Fisik Suara : Ini menelusuri suara dari mulut pembicara ke telinga pendengar, karena bertujuan untuk mengungkapkan sifat suara Dan apa saja komponennya serta apa faktor-faktor yang mempengaruhi suara tersebut.

semoga bermanfaat, Akhukum Fillah saef gresik

#BahasaArab


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url