Keutamaan Guru Bahasa Arab

Keutamaan Guru Bahasa Arab


Sahabat Gudang Arab yang di Rahmati Allah berikut akan kami jelaskan keutamaan yang diberikan terhadap mereka yang mengajar Bahasa Arab.

Namun Pertama tama akan kami jelaskan mengapa Keutamaan Bahasa Arab.


Keutamaan Bahasa Arab daripada Bahasa Lain


Dalam menjelaskan keutamaan bahasa Arab, cukuplah disebutkan bahwa Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an, mukjizat abadi yang diturunkan menjadi pedoman hidup manusia hingga hari kiamat. Bahasa Arab menjadi wadah yang membawa cahaya dan petunjuk kepada manusia, dan Allah SWT menyebutkan hal itu di sekitar sepuluh tempat dalam Al-Qur'an. Termasuk firman Allah SWT: 


إِنَّا أَنزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ


"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya"


Bahkan Rasulullah SAW Bersabda :


اما عن ما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم في فضل اللغة العربية فقد قال عنها رسول الله صلى الله عليه و سلم {أُحِبُّ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ لِثَلاَثٍ: لأَنِي عَرَبِيٌّ، وَ القُرْآنَ عَرَبِيٌّ، وكَلاَمُ أَهْلِ الْجَنَّةِ عَرَبِيٌّ


"Adapun apa yang dikatakan oleh Rasulullah SAW tentang keutamaan Bahasa Arab maka Rasulullah SAW. dalam Haditsnya Bersabda : (Aku Menyukai Bahasa Arab karena Tiga Hal, Karena aku orang Arab, Karena Alquran Berbahasa Arab dan Bahasa Penghuni Surga adalah Bahasa Arab)"


Salah Satu Ulama islam Ibnu Taimiyah berkata: “Lidah Arab adalah lambang Islam dan umatnya.” Kutipan akhir dari “Iqtidaa’ al-Siraat al-Mustaqim” (1/519)


Kalau diatas tadi telah kami bahas tentang fadhilah dan keutamaan bahasa arab, Berikut ini kami akan jelaskan Keutamaan yang didapat oleh Pendidik Bahasa Arab.


Keutamaan Guru Bahasa Arab


Berikut adalah keutamaan dari pendidik bahasa Arab yang dapat kami rangkum


1- Dengan mengajarkan bahasa Arab, ia akan menjadi alasan untuk menyebarkan kebajikan di kalangan manusia, dan alat untuk mengajar bejana Al-Qur'an, dan bahasa yang

Penguasa alam semesta memilihnya. 


2- Secara tidak langsung para Guru atau Pendisik Bahasa Arab Berkontribusi dalam menghafal dan memahami Al-Qur'an, mengajarkannya dan mengamalkannya. Juga berkontribusi dalam memahami hadits Nabi yang mulia, menghafalkannya, menjelaskannya dan mengamalkannya. Setiap ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur'an dan Sunnah adalah ilmu yang terpuji dan pemiliknya akan diberi pahala. 


3- Guru atau Muallim bahasa Arab adalah alasan langsung tersebarnya ilmu-ilmu Islam dan budaya syariah di kalangan seluruh umat manusia. Karena pemahaman Islam didasarkan pada pemahaman bahasa Arab, maka barangsiapa membantu orang lain memahaminya, otomatis ia turut membantu memahami Islam, dan menjadi penyebar kebaikan di kalangan umat. 


4- Apalagi pengajaran bahasa berdampak tidak hanya pada pembelajar, tetapi juga pada semua orang yang ada di sekitarnya. lihat kanal Youtube kami gudang arab


Wallahu A'lam Bis Showab..

#GudangArab
#BahasaArab
#BelajarBahasaArab
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Anonim
    Anonim 06 Oktober

    Semoga guru guru mulya dipanjangkan umurnya disehatkan raganya amin

Add Comment
comment url